13 Patok Batas RI-Malaysia Hilang

 Headline, SINTANG

Sintang, MK.Com

13 patok batas negara RI- Malaysia, sampai saat ini dinyatakan hilang. 12 Patok dilaporkan hilang di Wilayah Pos Pamtas RI-Malaysia Kelawik dan 1 Patok yang hilang di Wilayah Pos Pamtas RI-Malaysia, Perumbang, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu,Kalimantan Barat.

Hilangnya patok batas tersebut dilaporkan oleh Satgas Pamtas RI-Malaysia, saat Danrem 121/Abw Kol.Inf.Bambang Ismawan,S.E.MM,  melakukan kunjungan kerja meninjau pos pos Satgas Pamtas RI-Malaysia  selama tiga hari di sektor timur kawasan perbatasan RI-Malaysia Kalimantan Barat, Sabtu 10 Juni  2017 lalu.

Sementara, dalam peninjauan pos pos Satgas Pamtas RI-Malaysia di sektor barat Kalimantan Barat di Entikong, Sangau dan Jagoi Babang, Bengkayang, yang Jumat 17 Juni 2017 usai dilakukan, belum ada laporan hikangnya patok tapal batas.

“Di Pos Kelawik Kecamatan Batang Lupar ada  16 Patok yang hilang,  baru ditemukan 4 Patok. Sementara 12 Patok belum ditemukan, dan patok yang tidak sesuai titik koordinat atau tergeser,”ungkap  Bambang.

Dikatakannya, belum diketahui penyebab hilangnya patok patok tersebut. Apakah karena ulah manusia atau karena kondisi alam. Namun begitu dia menegaskan akan meminta satgas yang berttugas disana untuk terus mencarinya.

“Jika titik koordinatnya ada tetapi patoknya hilang maka akan kami sampaikan kepada pimpinan untuk langkah selanjutnya. Sedangkan untuk membangun kembali patok tersebut sudah bukan kewenangan TNI, hal tersebut mesti melibatkan kesepakatan kedua Negara,”jelas mantan Paspampres ini.

 

125 Total Views 2 Views Today

Related Posts