Gubernur Kalbar Resmikan Gereja Katedral Sintang

 Headline, Lintas Kalbar, SINTANG

Menara Khatulistiwa.com

Sintang-Gubernur Kalimantan Barat Cornelis meresmikan Gedung Gereja Katedral Sintang pada Sabtu, 14 Oktober 2017. Peresmian gereja yang pembangunannya menelan biaya 30 milyar ini di tandai  ditandai dengan pembukaan pintu.

“Saya sudah memberikan bantuan dana yang sangat besar untuk pembangunan gedung gereja yakni 20 milyar. Jangan dianggap enteng dana sebesar itu. Saya sudah berani mengambil sikap dan keputusan atas bantuan ini. Padahal apa yang saya lakukan penuh dengan resiko. Kementerian Agama Republik Indonesia juga tidak peduli dengan pembangunan gereja di Indonesia,”kata Cornelis.

Dikatakannya, umat katolik harus mengerti tentang tata kelola pemerintahan di Indonesia. Saat ini satu persatu kewenangan pemerintah provinsi sudah dicabut oleh pemerintah pusat. Kehadiran gereja ini saya harapkan mampu menimbulkan harapan dan meningkatkan keimanan serta sumber daya manusia,kata dia.

Sementara itu, Sihar Petrus Simbolon Direktur Urusan Agama Katolik Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama Republik Indonesia menyampaikan dengan Pancasila, negara kita menjamin kemerdekaan setiap warga dalam memeluk agamanya.

“Dalam nawacita, negara hadir dalam kehidupan beragama. Pemerintah Pusat sejak 3 Januari 1946, lima bulan setelah Indonesia merdeka membentuk Kementerian Agama Republik Indonesia dan Agama Katolik sejak awal sudah diakomodir dalam pemerintahan dengan adanya Direktur Jenderal Bina Masyarakat Katolik. Ini tanda pengakuan negara terhadap agama Katolik di Indonesia,”Sihar.

Ditambahkannya, Menteri Agama Republik Indonesia baru saja menandatangani peraturan tentang pesparawi Katolik. Peraturan tersebut juga sudah dikirim ke seluruh gubernur di Indonesia.  “Kementerian Agama RI juga sudah melakukan pembinaan keluarga dan anak muda Katolik, serta memberikan bantuan pembangunan sarana ibadah,”pungkasnya.

54 Total Views 2 Views Today

Related Posts