Henri Janji Benahi Sengkarut Amdal

 Headline, SINTANG
Kepala Badan Lingkungan Hidup

Kepala Badan Lingkungan Hidup

Sintang, MK –  Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Sintang Henri Harahap berjanji menuntaskan persoalan izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), khususnya Amdal perkebunan kelapa sawit.

Diakui Henri sejumlah izin Amdal perkebunan kelapa sawit masih menimbulkan pro-kontra di masyarakat. Contohnya, izin Amdal PT Sinar Sawit Andalan (SSA) dan PT Sumber Hasil Prima (SHP) di Kecamatan Serawai-Ambalau.

“Bukan hanya persoalan Amdal yang dibenahi tapi juga pengawasan lingkungannya,” kata Henri.

Pembenahan dilakukan secara bertahap. Dimulai dari pembenahan staf, dilanjutkan evaluasi terhadap izin Amdal yang telah dikeluarkan. Dukungan dari bawahan dianggap Henri sangat penting untuk menunjang kinerja.

“Tidak bisa kerja sendiri. Harus ada kerja sama dari staf. Apa lagi saya ini baru. Dalam satu atau dua bulan ini saya benahi ke dalam dulu,” kata Henri.

Ia melanjutkan, dalam pembenahan lingkungan akan berbuat berdasarkan laboratorium. Henri ingin pembangunan di Sintang berwawasan lingkungan, tanpa merusak lingkungan.

“Saya berbuat harus berdasarkan Leb. Jika tidak sesuai dengan Leb, tentunya tidak bisa,” tegasnya.

Menurut Henri BLH sudah memiliki Laboratorium. Alat ini akan difungsikan secara maksimal. Misalkan untuk menguji kualitas air.

“Sekarang tidak perlu bawa sampel ke Pontianak. Kita sudah punya Leb sendiri,” pungkasnya. (din)

1946 Total Views 2 Views Today

Related Posts