Keledik, Pembuka Pekan Gawai Dayak Sintang 2017

 Headline, SINTANG

Menara Khatulistiwa.com

Sintang-Wakil Bupati Sintang, Askiman hari ini (11/07/2017) membuka Pekan Gawai Sintang (PGD) 2017 di Komplek Stadion Baning. Pembukaan PGD ini diawali dengan pemotongan ompong ritual adat Dayak dan peniupan Keledik, alat musik tiup tradisional yang terbuat dari bambu dan labu.

Dalam kesempatan tersebut, Askiman menyampaikan makna (PGD) 2017. dikatakannya selain sebagai bentuk ucapan syukur, PGD juga sebagai upaya menggali potensi daerah seni dan budaya yang ada di Kabupaten Sintang.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata rasa syukur masyarakat dayak di Sintang kepada Tuhan, pencipta langit dan bumi atas hasil ladang dan hasil kerja selama ini. Kegiatan ini juga merupakan  aset dalam mendukung kegiatan pariwisata yang ada,” kata Wakil Buati Sintang, Askiman

Wakil Bupati meminta semua yang terlibat dalam kegiatan ini, supaya dapat memberikan tampilan yang terbaik dan selalu menjaga  keamanan, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar. “Kita juga berharap segala etnik yang ada memberikan toleransi dan dukungan atas penyelenggaran kegiatan gawai dayak ini sehingga sintang menjadi lebih sejahtera dan damai,” ujarnya.

Hadir dalam acara ini Ketua Umum Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan Barat, Ir. Jakiyus Sinyor. Jakiyus mengapresiasi secara positif  kegiatan gawai ini. Melalui gawai segala kebiasaan dan tradisi lama kita munculkan kembali. “Apalagi ini  acara tahunan, kegiatan merupakan hal yang perlu kita lakukan sebagai acara syukuran,” katanya.

Dikatakannya, untuk pelaksanaan PGD ke depannya perlu adanya evaluasi. Berbagai budaya dan tradisi yang telah lama harus bisa dilestarikan melalui PGD. “Kita perlu mengevaluasi kembali gawai-gawai yang telah ada. Kita perlu meninjau kembali budaya lama kita meskipun kini kita berada di dunia modern,” paparnya lagi.

129 Total Views 2 Views Today

Related Posts