Pelaku Perampokan Diciduk Satreskrim Polres Sintang

 Headline, SINTANG

MENARA KHATULISTIWA.COM

SINTANG-M, (47), warga Kubu Raya yang menjadi pelaku perampokan uang 200 juta di Sintang-Jl.MT.Haryono Sintang beberapa waktu lalu diciduk petugas setelah menjadi buronan selama sebelas hari.  Pelaku ditangkap Satuan Reskrim Polres Sintang melibatkan team Polresta Pontianak pada Sabtu (29/7/2017) di Desa Sungai Rengas, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya.

“Tersangka kita ciduk dirumahnya di Kubu Raya. Saat penyergapan, tersangka dan dua pelaku lain sama sama ada ditempat tersebut, sayangnya dua pelaku yang lain berhasil meloloskan diri,”ujar Waka Polres Sintang, Kompol Amri Yudhi, SIK,MH didampingi Kasat Reskrim Polres Sintang AKP Eko Mardianto ketika memberikan keterangan pers Kamis (3/8/17).

Menurut Kompol Amri,  M adalah aktor utama dalam aksi perampokan uang komite sekolah senilai 200 juta di depan toko ATM Collection. M juga merupakan resedivis spesialis pendongkel mobil. “M ini aktor utamanya, dia yang melakukan pengintaian dan dia juga eksekutornya. Diketahui juga M ini resedivis dalam kasus yang sama, dan pernah di tembak kakinya,”terang Amri.

Dari tersangka polisi mengamankan dua unit motor, Suzuki Satria dan Yamaha Mio serta uang senilai Rp. 4.500.000. “Tersangka ini merupakan residivis. Sudah berulang kali melakukan pencurian. Bahkan, kedua kakinya sudah pernah ditembak oleh anggota di Pontianak,” kata Eko.

Pengungkapan kasus ini berhasil karena petunjuk CCTV. Polisi memeriksa sejumlah CCTV, mulai dari Bank hingga Tempat Kejadian Perkara (TKP) pembobolan mobil.

“Kita terbantu karena ada CCTV. Dari hasil CCTV, pelaku ada di bank saat korban mengambil uang. Pelaku juga terekam CCTV saat membobol mobil di TKP,” ujar Eko.

Setelah melakukan aksinya, pelaku dan rekannya melarikan diri ke Pontianak. Uang hasil kejahatan dibagi. Adapun M, uangnya digunakan untuk membayar rumah kontrakan, beli perhiasan emas dan berpoya-poya.

Sebelumnya, Selasa (18/7/2017) Polres Sintang mendapat laporan dari Yohanan (49), guru SMA Negeri 2 Sintang. Warga Jl. Mengkurai, Kelurahan Kapuas Kanan Hilir Sintang ini melaporkan uang komite sekolah yang baru ia ambil dari bank hilang di dalam mobil.

Peristiwa itu bermula ketika Yohanan menggunakan mobil Agya dengan plat KB 1728 EE, mengambil uang komite sekolah di Bank Kalbar  Sungai Durian senilai Rp. 300 Juta. Selanjutnya Yohana singgah di toko ATM Collections untuk membayar seragam sekolah sebesar 100 juta rupiah. Sisa uangnya 200 juta dia tinggalkan didalam mobilnya.

Yohanan kemudian singgah di Toko ATM Collection, Jl. MT Haryono, untuk membayar baju seragam sekolah. Dari uang Rp. 300 Juta tersebut, Rp. 100 Juta digunakan untuk membayar baju seragam sekolah sementara Rp. 200 Juta disimpan di dalam mobil, bawah jok. Sekitar 15 menit meninggakan mobil, Yohanan kaget, uang Rp. 200 Juta di dalam mobil sudah raib dengan kondisi pintu mobil rusak.

48 Total Views 2 Views Today

Related Posts