by

Angkutan Penumpang Umum Menurun, Dishub Sintang : Masyarakat Beralih Menggunakan Kendaraan Pribadi

Kepala Dinas Perhubungan Florensius Kaha

Menarakhatulistiwa.com-SINTANG-Angkutan umum di Kabupaten Sintang terus mengalami penurunan jumlah. Hal ini menyebabkan sepinya aktivitas di terminal bahkan ada beberapa tidak berfungsi seperti Terminal Sungai Ukoi

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang, Florensius Kaha saat ditemui di ruangnya, Senin (14/10/2019) mengatakan, ini pengaruh dari perekonomian masyarakat, masyarakat lebih banyak menggunakan transportasi pribadi dibanding harus menggunakan angkutan umum.

Meski angkutan umum terus mengalami penurunan, pendapatan dari sektor pengujian kendaraan bermotor atau biasa yang disebut uji Kir yang ditargetkan sebesar  Rp. 130.3.000.000.

“tahun ini pendapatan dari Kir lebih dari target, yang ditarget unutk tahun ini 130.3.000.000, sampai saat ini saya mendapatkan laporan dari kasi sudah ada seratus juta lebih,” kata Florensius Kaha.

Mengenai terminal, Florensius Kaha mengungkapkan, sudah ada dua terminal yang baru-baru ini dioperasikan yang ada di Kecamatan Sepauk dan Kecamatan Kayan Hilir.

Sedangkan Terminal Sungai Ukoi menurut Florensiu Kaha, kewenangannya sudah dilimpahkan ke provinsi, namun sampai saat ini terminal tersebut masih terbengkalai.

“lahan yang ada di terminal Sungai Ukoi  juga sudah dibagi 2, untuk bagian kir itu milik Pemda Sintang, sedangkan lahan yang di terminalnya sudah diserahkan ke provinsi,” kata Kaha.

Florensius Kaha juga berharap pengelolaan jembatan timbang bisa dikelola kabupaten agar bisa lebih maksimal pengawasannya. Dirinya dalam waktu dekat ini akan bertemu langsung dengan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar.

“termasuk juga jembatan timbang, kalo bisa Kabupten yang mengelola lebih itu lebih baik. Saya akan bertemu langsung dengan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi dalam waktu dekat ini,” ungkap Florensius Kaha. (jek)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed