by

Jarot: Teh Salah Satu Pendapatan Lain

Menarakhatulistiwa.com-Sintang-Tingginya permintaan teh dalam negeri, Bupati Sintang Jarot Winarno, berharap teh dari Sintang dapat memeberikan dampak baik bagi petani teh di Sintang. Selain sebagai potensi yang bisa di kembang, lanjut Jarot bahwa komoditi Teh ini juga bisa menjadi salah satu sektor pendapatan lain ekonomi jika dikembangkan, mengingat harga komoditi utama mata pencaharian masyarakat seperti karet dan sawit, harganya sering fluktuatif atau tidak stabil dan juga tanaman teh ini cocok dengan konsep agrowisata yang terus di kembangkan di Kabupaten Sintang, karena kalau di tanam teh, daerah itu bisa jadi indah.

“jika ada sisa-sisa lahan bolehlah kita coba tanam teh ini, boleh juga di gabung sama tanaman lain, misalnya tanaman sahang, dengan karet, tanaman jeruk juga bisa, jadi saya optimislah teh ni bisa berkembang di sintang ni,”unkap Jarot.

Country Manager Solidaridad Kulbir Mehta mengatakan pihaknya mencoba memperkenalkan komoditas teh yang baru untuk Kabupaten Sintang, dengan harapan teh ini nantinya bisa membantu memberikan jaminan ataupun pendapatan alternatif masyarakat.

Kulbir pun menjelaskan tanaman teh ini sangat ramah lingkungan, karena di satu sisi Teh ini bisa berfungsi sebagai penyerap karbon kemudian juga bisa mencegah erosi tanah dan juga menyerap air.

“kami lihat teh di pasar di sini banyak datang dari Jawa atau pun ada yang bisanya dari luar negeri seperti Vietnam atau dari mana gitu kan, nah kami ingin teh itu harusnya datang dari daerah ini sendiri yaitu teh asli orang Kalimantan”harapnya. (jek)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed