by

Pemkab Sintang Bentuk Tim Gugus Tugas Cegah Virus Covid-19

Menarakhatulistiwa.com-SINTANG-Sesuai dengan Kepres, Pemkab Sintang akan membentuk tim gugus tugas covid-19 atau corona virus untuk mensuport penanganan kasus virus corona terkait pendanaan penanganan gawat darurat dan sebagaianya nanti.

“kalau sudah dibentuk tim ini kita memiliki kemampuanlah, tapi kalau sekarang kapasitas kita ni nyemprot di terminal sui durian ni saja sudah payah-payah nyari disinsfektannya,”kata Bupati Sintang Jarot winarno, saat melakukan penyemprotan cairan disinsfekta, Minggu (15/03/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh mengatakan, selain dikawasan terminal sungai durian, pihaknya juga akan berupaya melakukan penyemprotan cairan disinsfektan dan akan melakukan sosialisasi terkait pencegahan sebaran virus corona, di tempat umum atau ruang publik, seperti tempat ibadah, taman-taman, sekolah, dan tempat umum lainnya.

“penyemprotan cairan disinsfektan di tempat-tempat umum inikan bertujuan untuk memutus mata rantai penularan penyakit virus covid-19 atau corona, kita tau kan macam di terminal ni semua orang datang di sini, misal ketika batuk, filek ataupun buang air disini, karena virus corona inikan menempel dimana mana, jadi inilah perlunya penyemprotan disinsfektan”kata Sinto.

Sinto juga berpesan kepada masyarakat jika ada yang tau di lingkungan sekitar ada warga yang pulang dari negara yang sudah ada kasus positif covid-19 atau corona, tolong laporkan kepada Dinas Kesehatan, dan warga yang sepulang dari luar negeri atau daerah yang sudah ada kasus virus itu tidak perlu takut jika di tangani pihaknya.

“kita mau mengisolasi mereka, karena kan ada tahapan, seperti karantina mandiri yang hanya berdiam dirumah atau tidak boleh keluar rumah selama 15 hari,kalau sudah di nyatakan aman ya sudah bisa beraktivitas seperti biasa, itu namanya orang dalam pengawasan

Harysinto pun mengingatkan kepada masyarakat Kabupaten Sintang agar tidak panik menyikapi terkait virus covid-19 ini.  Untuk itulah ia menyarankan masyarakat agar selalu menjaga kebersihan diri. (zak)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed